Kamis, 31 Maret 2011

Tempat Wisata Yang Ada di PALANGKARAYA

Palangka Raya si Kota Cantik
Kota Palangka RayaPalangka Raya merupakan ibukota Kalimantan Tengah (the heart of Borneo Island).Letaknya berada ditengah-tengah Pulau Kalimantan.Tak heran jika Palangka Raya tidak mempunyai pelabuhan samudra. Saat ini pemerintah bersama-sama Angkasa Pura tengah gencar-gencarnya mengembangkan Bandara Tjilik Riwut. 
Karena bandara itulah satu-satunya akses yang bisa menghubungkan secara langsung dengan kota lainnya.

Beberapa tahun tidak berkunjung ke kota yang disebut-sebut sebagai Kota Cantik, ternyata banyak perubahan yang terjadi. Memang tidak sepesat yang terjadi di Banjarmasin. Cukup 1 hari untuk bisa menjelajahi sudut-sudut menarik di Kota Palangka Raya.

Palangka
 RayaTempat pertama yang saya kunjungi adalah Taman Wisata Kum Kum.Sebuah taman yang terletak di seberang kota.Hanya berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota. Ditaman itu para pengunjung bisa menyaksikan sedikit gambaran suasana hutan Kalimantan.Ada pepohonan raksasa, jembatan kecil, rumah panggung, air sungai, serta binatang khas Kalimantan seperti beruang madu. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati sajian makanan yang enak yang bisa dibeli didalam taman.

Dulu ikon Palangka Raya adalah Bundaran Besar (BB) nya.Sekarang setelah resmi dibangun, Jembatan Kahayan mampu menggantikan posisi BB. Jembatannya sangat bagus dan megah.Jika malam hari, banyak lampu kelap kelip mewarnai jembatan.

Ada lagi perubahan yang terjadi di Palangka Raya, apalagi kalau bukan Palangka Raya Mall (Palma).Terletak persis disebelah BB.Dari luar mal nya memang terlihat megah, namun ketika masuk ke dalam tidak terlalu besar.Namun cukup lengkap dan menghibur bagi kota berpenduduk sedang seperti Palangka Raya.

Dilokasi yang sama, saya juga menemui sebuah gedung besar (paling besar disana) yakni Gedung Batang Garing Bussiness Center.Sebagai satu-satunya pusat bisnis Kota Cantik yang menggabungkan beberapa buah perusahaan dalam satu buah gedung.

Hari terakhir berada di sana, saya manfaatkan berkunjung ke lokasi paling gaul dan ramai, Kafe Tenda Yos Sudarso (dekat Kampus Unpar).Hampir sekitar 2 kilo jalan protokol tersebut dipenuhi kafe tenda.Jika malam hari terutama Malam Mingguan, jangan kaget jika Anda melihat begitu banyak anak muda nongkrong disana. Kafe tenda tersebut menambah cantik kota Palangka Raya.

Palangka RayaSiapapun yang bertandang ke Palangka Raya, dapat dipastikan sangat terkesan dengan wajah kotanya.Benar-benar rapi dan teratur.Mirip tata kota di Eropa, yang terkotak-kotak.
Namun bagi mereka yang suka hiburan berkelas, siap-siap kecewa.Disana tidak ada karaoke, pub, kafé, diskotek, rumah biliar yang mewah dan berkelas. Tidak seperti yang ada di Banjarmasin.

Namun katanya, saat ini sedang dibangun sebuah hotel berbintang berlantai 10.Palangka Raya memang masih akan terus mengejar ketertinggalannya.

Obyek Tempat Wisata Di Kalimantan Tengah

Obyek Tempat Wisata Di Kalimantan Tengah - Obyek wisata Kalteng yangt menarik untuk liburan seperti Bukit Batu, Pulau Kaja, Danau Tahai, Pantai Batanjung adalah hanya beberapa tempat wisata yang cukup populer di propinsi Kalimantan Tengah.

Pariwisata propinsi Kalteng memiliki aset wisata yang tidak kalah dengan provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Wisata alam Kalimantan Tengah merupakan salah satu wisata andalan di provinsi Kalteng ini. Beberapa wisata alam yang sangat menarik untuk wisatawan adalah wisata hutan berupa cagar alam seperti Bukit Raya dan kelompok Hutan Monumental yang lokasinya ada di Kotawaringin Timur. Di sini juga terdapat air terjun Malau Besar dan Pauras yang lokasinya terdapat di Barito Utara.

Wisata Pulau Kaja
Salah satu tempat wisata menarik di kota palangkaraya ini berada di kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu. Lokasinya sekitar 40 Km dari kota Palangka Raya, Kalteng. Keistimewaan dari Pulau Kaja karena pulau ini dibatasi oleh 2 sungai yang bernama Sungai Rungan di sebelah Timur serta Terusan Kaja di bagian Barat. Pada bagian atas Pulau Kaja terdapat danau di bagian tengahnya serta dikelilingi oleh dataran tinggi.

Wisata Danau Tahai
Lokasinya berada di desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu. Jaraknya kurang lebih 29 Km dari kota Palangkaraya. Akses menuju Danau Tahai sangat mudah sekali karena bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 dan hanya memakan waktu sekitar ± 30 Menit.tapi hati-hati ya,jangan sembarangan parkir sepeda motornya,ntar hilang lagi,heeee

Wisatawan yang datang ke sini bisa bermain sepeda air angsa, perahu dayung atau bermotor dengan membayar sewa. Di sini juga terdapat tempat karaoke, rumah makan terapung. Di sini juga di sediakan fasilitas penginapan yang bagus dengan sewa tarif relatif murah.

Related Posts by Categories :



1 komentar:

Delima mengatakan...

Belum pernah ke Palangkaraya...trims for this posting.